Peninggalan Sejarah yang masih kokoh berdiri, Pura Taman Ayun!

Last updated 21 Feb 2023
Sumber: ....

Jika kalian berkunjung ke Bali, pasti ide wisata yang muncul dibenak kalian mungkin masih seputaran pantai dan wisata alam lainnya, namun pernahkan ada dibenak kalian wisata sejarah? mungkin bagi sebagaian orang itu merupakan sesuatu yang terkadang terkesan membosankan, namun tidak jika kalian mengunjungi Pura Taman Ayun. Mengapa? Karena di balik nama Pura taman ayun yang dimana disana tidak hanya pura atau tempat persembahyangan umut Hindu, namun ada kisah bersejarah yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati!

Mengunjungai Pura Raja Mengwi

Terletak di Mengwi, Badung – Bali, Pura Taman Ayun bisa kita jelajahi jauh dari hiruk pikuk pusat kota. Terletak 8 km barat daya dari pusat Ubud dan 18 km dari pusat Kota Denpasar, Pura Taman Ayun dengan pepohonan, tanaman hijau disekitar dan aliran kolam yang membuat suasana saat kita berkunjung terasa seperti kembali ke Jaman dahulu di tahun 1634 dimana Pura Taman Ayun ini dibangun, oleh Raja pertama Kerajaan Mengwi, I Gusti Ngurah Agung Sakti atau Tjokorda Blambangan.

Pada jaman dahulu Pura Taman Ayun merupakan sumber irigasi, dimana yang saat ini ditunjukan dengan adanya genangan yang mengelilingi candi, dimana genangan air tersebut dihubungkan dengan persawahan di sekitar candi. Pura Taman Ayun merupakan perpaduan antara keindahan alam dan mata air. Keahlian Raja Tjokorda Blambangan yang berhasil mengintegrasikan menjadi tempat yang indah sekaligus membangun sistem irigasi untuk kemakmuran rakyatnya.

Daya Tarik wisata Pura Taman Ayun

Taman Ayun dari namanya bisa diartikan taman yang indah, dimana setiap sudut dan layout dari bangunan pura dan sekitarnya sangat rapi dan indah dilihat oleh mata, terdapat kolam yang mengitari wilayah taman ayun. Pura taman ayun menjadi salah satu peninggalan dunia (UNESCO) pada tahun 2012, dimana memang daya Tarik wisata pura ini bisa memikat orang-orang yang berkunjung kesana. Sedikit info menarik tentang Pura Taman Ayun, di halaman sisi pura memiliki arsitektur Bali, tugu candi kecil yang seperti tempat duduk dari batu sejumlah 64 buah sebagai tugu warisan nenek moyang pada jaman megalitikum.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk ke pura taman ayun, dibagi menjadi 2 kategori yaitu wisatawan domestic dan wisatawan asing. Untuk kategori domestic dengan tiket masuk 15rb / orang dan kategori wisatawan asing dikenakan 50rb / orang. Serta biaya parker untuk mobil 5rb dan motor 2rb.

Jika anda tidak mau ambil pusing dalam menentukan waktu, rute jalan menuju lokasi, atau bahkan supir dan transportasi menuju ke Pura Taman Ayun, langsung saja mengambil paket tour untuk wisata Pura Taman Ayun di Sekala tour and travel…. Dan nikmati perjalanan terbaik anda dengan kami 😊

See you there our Traveler!!


Other Blog